Habis Panik Terbitlah Pasrah

9:52 PM



Switchfoot - Only Hope
 
There's a song that's inside of my soul
It's the one that I've tried to write over and over again
I'm awake and in the infinite cold
But You sing to me over and over and
Over again

So I lay my head back down
And I lift my hands
And pray to be only Yours
I pray to be only Yours
I know now You're my only hope

Sing to me of the song of the stars of Your galaxy
Dancing and laughing and laughing again
When it feels like my dreams are so far
Sing to me of the plans that You have
For me over again
 
And I lay my head back down
And I lift my hands
And pray to be only Yours
I pray to be only Yours
I know now You're my only hope

I give You my apathy
I'm giving You all of me
I want Your symphony
Singing in all that I am
At the top of my lungs I'm giving it back

So I lay my head back down
And I lift my hands
And pray to be only Yours
I pray to be only Yours
I know now You're my only hope

---

Lagu ini adalah salah satu lagu andalan yang bisa membuat perasaan saya lebih tenang. Ketika dilanda perasan yang campur aduk : sedih, panik, merasa gagal, marah pada diri sendiri, dan menyesal jadi satu, sering kali saya menangis sendirian di kamar, di atas kasur, dengan suara yang saya redam sebisa mungkin. Manusia memang butuh menangis once in a while, menangis membantu kita untuk merasa lega. Saya tidak malu untuk menangis. Selama saya sendirian.

Setelah beberapa saat menangis dan meraung-raung tanpa suara karena sakit yang terasa di dada, ada keinginan untuk menenangkan diri. Atau ya sebenarnya sudah merasa lebih tenang setelah itu. Saya mencari lagu ini dan mendengarkannya dengan seksama.

Saya tipe penyuka lirik lagu. Kalau musiknya udah bagus, lagunya akan 1000 kali lipat lebih bagus jika liriknya juga bagus. Lagu Only Hope dari Switchfoot ini adalah lagu yang musik dan liriknya pas banget di saya. Kalau kata orang, ngena. Mak jleb.

Lirik lagu ini bercerita tentang hubungan manusia dengan Tuhan, di mana Tuhan selalu berada di dalam dirinya, menjadi bagian dari hidup dan dirinya. Saat berada di dalam situasi yang dingin, menyesakkan, Tuhan selalu berada di sana dan tidak pernah beranjak, dan berdoa adalah cara untuk berkomunikasi dengan-Nya. Saat rasanya nggak bisa apa-apa dan hanya bisa berharap kepada Tuhan, selama kita percaya, Tuhan selalu di sana.

Ini lirik favorit saya :

When it feels like my dreams are so far        
Sing to me of the plans that You have for me over again                                    

Yang kira-kira artinya :

Saat mimpi-mimpiku terasa sangat jauh
Nyanyikan kepadaku rencana yang Kau punya untukku, lagi dan lagi

Cocok lah sama yang lagi kacau pikiran lalu berpasrah. Hehehe

Kalau dengerin lagu ini, saya sarankan pakai headphone atau headset, biar musiknya terdengar lebih rinci. Alunan petikan gitar dan musik perkusi lainnya bisa dicermati lebih jelas dari awal. Alat musik geseknya, semacam violin dan bass dan teman-temannya itu bakal lebih terdengar lebih jelas. Ada alunan piano juga di sini, tapi nggak dominan, nggak kayak Only Hope versinya Mandy Moore. Coba sesekali denger lagu ini tanpa memperdulikan liriknya, dengerin musik yang jadi latar. Musiknya damai~

Oh ya, bedanya versi Switchfoot sama Mandy Moore ada di musiknya, sama-sama bagus sih menurut saya, cuma saya lebih suka versi Switchfoot. Ada liriknya yang berbeda juga, kalau di versinya Mandy Moore, lirik "I give you my apathy" jadi "I give you my destiny".

Ini lagu tahun 1999. Pertama kali denger mungkin waktu saya SD, versinya Mandy Moore, suka sama lagu ini dari SMP, terus jadi suka banget sama lagu ini karena denger versinya Switchfoot waktu SMA. Sampe sekarang.

Pernah denger lagu ini kan? Lagu ini terkenal banget karena jadi soundtracknya film A Walk To Remember, film yang diangkat dari novelnya Nicholas Sparks, dibintangi oleh Mandy Moore. Saya sih belum pernah nonton filmnya secara lengkap, pasti cuma separo-separo itu aja kalau diputer di tv. Kapan-kapan download ah.

Gimana? Suka juga kah kamu sama lagu ini?

Ini lagu yang selalu bisa bikin aku tenang, apa kamu ada daftar lagu yang efeknya sama? Kasih tahu di komentar ya, siapa tahu aku juga akan suka lagu yang kamu suka :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Five for Fighting yang Superman Mbak salah satunya, soalnya banyak e lagu untuk situasi pasrah dan ambyar yang tak suka XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah iya itu lagunya bagus, aku juga suka xD

      Delete